you're reading...
Ekspedisi Luar Negeri

Ekspedisi Elbrus, Perjalanan Tanpa Bekas….

Seven summits, istilah ini berdasarkan perbedaan interpretasi dari batasan benua (secara geografi,geologi, dan geopolitik), ada juga beranggpan berdasarkan dari 7 puncak tertinggi dari 7 benua.

Gunung yang terletak di zona peralihan benua Asia dan Eropa ini semula tak pernah dilirik oleh para pendaki. Pendaki lebih tertarik oleh gunung Mount Blonc di Prancis yang dianggap sebagai puncak tertinggi di Eropa. Mount Blonc yang berketinggian 4.980 meter di atas permukaan laut, kalah tinggi 700 meter dari gunung Elbrus yang miliki ketinggian 5.642 meter. Puncak ini merupakan puncak barat, sedangkan puncak timur berketinggian 5.633 meter. Kedua puncak ini dihubungkan oleh sadle yang terletak di ketinggian 5.400 meter.

Tahun 1991 Stapala mencanangkan Mt. Elbrus sebagai Ekspedisi berikutnya setelah Mt.Cook tahun 1990. Puncak tertinggi di benua Eropa ini targetkan sebagai Puncak pertama dari target seven Summit nya Stapala. Pada renovasi dinding Panjat Stapala, Logo Seven Summits dengan gagah berani di kibarkan.Keberanian bermimpi menjadi awal dari keberanian memulai ekspedisi Seven Sumiits. Mt. Elbrus menjadi mimpi yang pertama.

Tri Budi

Tri Budi (308/SPA/1991) adalah anak Stapala yang di targetkan menggapai puncak Mt. Elbrus. Kendala dana menjadikannya sebagai satu-satunya pendaki yang akan di berangkatkan pada saat itu. Semua persiapan dilaksanakan dengan lancar, mulai dari perijinan sampai dengan persiapan fisik pendaki. Hal yang menjadi kendala dan ketidakpastian adalah kondisi keamanan di wilayah pegunungan sekitar Elbrus. Pada saat itu, Uni Sovyet baru saja pecah menjadi Negara-negara yang merdeka dan menimbulkan perseteruan di sana-sini. “Tiket pesawat ke Moscow aja susah banget dapetnya”, Kenang Febra Faturahman yang menjadi Manager Ekspedisi. Ketidakpastian ekspedisi kemudian hilang setelah akhirnya Tri Bukti mendapatkan tiket pesawat ke Moscow.

Keberangkatan anak Stapala menggapai Elbrus yang bagai bermimpi kemudian ternyata betul-betul hanya mimpi. Tri Budi beberapa saat kemudian kembali tiba di Jakarta dengan cerita-cerita yang mengagetkan seluruh anak Stapala. Diceritakan bahwa setelah mendarat di Moscow, ternyata area pendakian Mt. Elbrus ditutup karena hal-hal yang tidak jelas sampai dengan sekarang. Jadi lah Tri Budi menjadi turis Stapala di Rusia…

Walau dianggap gagal…Perjuangan menggapai mimpi ke Elbrus adalah suatu keberanian. Keberanian bermimpi dan berjuang menggapainya….

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

One thought on “Ekspedisi Elbrus, Perjalanan Tanpa Bekas….

  1. mantaf….

    Posted by nekomarusama | February 12, 2010, 4:15 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: