you're reading...
Keanggotaan

Forum Komunikasi Stapala Alumni STAN ( Foksta)

Awal terbentuknya Foksta tdak dapat dipisahkan dari adanya kegiatan sarasehan alumni tahun 1994 di Jogjakarta.

Sarasehan alumni yang dihadiri alumni angkatan 1987-1991 di ilhami oleh alumni-alumni yang sering nongkrong di Jogja, antara lain Joko Teguh santoso (153/SPA/88) domisili Jogjakarta, Indra Jabrix (263/SPA/90) domisili Malang, Agus Subagyo Gustav (166/SPA/88) domisili Surabaya, Israwan Nugroho (196/SPA/89) domisili Pekalongan, dan lain-lain. Sebagian alumni mulai memikirkan keberadaan alumni yang prosentasenya jauh lebih besar dibanding anggota stapala yang masih berstatus mahasiswa.

Alumni menjadi potensi yang dapat dioptimalkan lebih lanjut. Kondisi lain, adalah terputusnya komunikasi antar generasi, sebagian besar disebabkan penempatan pegawai depkeu ke seluruh Indonesia. Untuk menjembatani komunikasi antar anggota yang di dalam dan di luar kampus secara berkesinambungan dibentuk suatu wadah. Peserta sarasehan pertama tahun 1994 sepakat untuk membentuk Forum Komunikasi Stapala Alumni (Foksta).

Menjadi kesepakatan peserta sarasehan pertama, Foksta adalah wadah yang tidak secara formal masuk ke dalam struktur organisasi Stapala. Secara formal keberadaan Foksta masuk dalam struktur organisasi adalah pada tahun 1998 ketika perwakilan alumni masuk dalam jajaran anggota majelis Pertimbangan Stapala. Anggota MP terbagi dua yaitu perwakilan mahasiswa dan alumni.

Pada tahun 1994-1998 Foksta dikordinir oleh Ketua Majelis Pertimbangan (MP) Stapala. Kordinator Foksta yang pertama adalah Ikhwan Sopha (204 /SPA/ 1990). Foksta kemudian sempat timbul tenggelam sampai terpilihnya kordinator Foksta kolektif yang dipilih oleh peserta sarasehan 1998 di Cisarua yang terdiri dari Amun Jogasara (048/SPA/85), Indra Jabrix (263/SPA/90), Aris Handaru, Dadang Sofyan, dan Iwan Handoko. Ketika setahun kemudian kordinator kolektif tersebut diganti kordinator kolektif yang baru, Foksta tidak lagi mempunyai aktivitas. Tahun 2003 Foksta kembali aktif ketika Dandossi Matram (101/SPA/85) terpilih sebagai Ketua Foksta dan masih memimpin sampai dengan sekarang.

Program rutin foksta adalah mengadakan acara sarasehan yang merupakan kegiatan tahunan. Sarasehan pada awalnya dibuat sebagai media reuni untuk stapala alumni , pada pelaksanaannya kemudian juga membahas msalah-masalah seputar stapala, termasuk agenda-agenda yang akan dibawa ke RAT Stapala. Berdasarkan kesepakatan awal, sarasehan diupayakan dilaksanakan diluar kampus. Sampai saat ini sarasehan telah diadakan sebanyak 10 kali yaitu :

  1. Tahun 1994 di Kaliurang, Jogjakarta
  2. Tahun 1995 di Tretes, Pasuruan
  3. Tahun 1996 di Jakarta
  4. Tahun 1997 di Megamendung Bogor
  5. Tahun 1998 di Cisarua, Bogor
  6. Tahun 1999 di Cibogo, Bogor
  7. Tahun 2003 di Cikaretek, Pancawati Bogor
  8. Tahun 2005 di Pandaan Pasuruan
  9. Tahun 2006 di Lembang, Bandung
  10. Tahun 2008 di Kaliurang Jogjakarta

Foksta saat ini sangat aktif men support kegiatan-kegiatan Stapala. Foksta kemudian diformalkan dalam bentuk yayasan foksta. Tahun 2007 dibentuk Badan Diklat (Badik) Stapala yang dikomandani Heliantono Assue (057/SPA/85) sebagai bentruk kongkrit bantuan Foskta ke BPH Stapala. Tahun 2008 terbentuk PPAS (Perhimpunan Pencinta Alam Stapala) yang merupakan Badan Usaha atau unit Usaha stapala yang berbadan hukum, diketuai oleh Indra jabrix (263/SPA/90). Selain itu Foksta membantu dengan aktivitas-aktivitas yang belum dilakukan BPH Stapala seperti kordinasi alumni, Pembuatan dan pemeliharaan website Stapala.com, Organizing kegiatan-kegiatan alumni STAN, kegiatan informal seperti pertandingan sepakbola, dan lain-lain.

K epengurusan foksta di Jakarta saat ini dibantu oleh kordinator-kordinator wilayah di seluruh Indonesia. Mereka lah selama ini yang mengkoordinir aktivitas-aktivitas kegiatan, undangan, penyambung lidah, pengumpulan dana, dan lain-lain. Sebagian dari mereka berpindah-pindah yang kadang sulit atau terlambat untuk di lacak, sebagian lagi adalah kordinator tetap di wilayahnya seperti Agus Subagyo (gustav) 166/SPA/90 untuk wilayah Jawa Timur.

Keberadaan mereka di daerah juga otomatis menjadi rumah singgah bagi petualang-petualang Stapala muda. Rumah anggota Stapala adalah tempat menginap gratis bagi adik-adik juniornya yang singgah, sudah menjadi kesepakatan implisit seluruh anggota Stapala.

Kepengurusan Pusat FOKSTA saat ini

Ketua                           : Dandossi Matram (101/SPA/85)

Wakil Ketua                 : Indra Jabrix (263/SPA/90)

Sekretaris Jenderal     : Sarjono (432 /SPA/ 1994)

Bendahara                  : Heliantono (057/SPA/85)

Eksekutor                    : Buchori Nahar (237/SPA/90)

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Forum Komunikasi Stapala Alumni STAN ( Foksta) | STAPALA – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara - October 14, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: