you're reading...
Posko

Posko Stapala, Tidak Akan Terlupa

Catatan Tentang Posko Stapala – M. Nourissafaat J.P. Ustadz Jekpot (810/SPA/2007)

Kalau ditanya kenapa suka nginap di posko, saya juga gak tahu pasti apa alasannya. Sejak ikut diklat Stapala, saya langsung kesemsem sama suasana posko yang seperti di rumah sendiri. Awal-awal, saya jadi terbiasa nginap di posko, biarpun cuma datang malamnya, tidur, trus balik lagi ke kosan subuh-subuh.

Bukannya apa-apa; di posko semua serba ada. Ada komputer, perahu, dispenser, kompor, bantal, sleeping bag, buku Intermediate Accounting, dulu juga ada sepeda. Terlebih lagi, di posko ada kawan-kawan Stapala yang sudah saya anggap sebagai saudara kandung. Kawan-kawan yang sering seperjalanan ke gunung, tebing, sungai, dan gua. Kawan-kawan yang saling mengejek mana suka. Kawan-kawan yang turut mencoba menyelesaikan masalah kawan lainnya, biarpun terkadang banyakan sok sipnya.

Poskolah yang membuat saya jadi dekat sama kampus ini. Gak hanya dekat secara fisik—karena baru bangun tidur dan buka pintu langsung ketemu pemandangan kampus—juga dekat secara perasaan. Kalaulah berlebihan dibilang rasa memiliki, mungkin semacam rasa kalau saya benar-benar merasa anak STAN. Di poskolah kawan-kawan menyimpan bibit-bibit pohon untuk ditanam di kawasan kampus, yang mengubah kampus yang gersang bukan main, jadi punya pohon-pohon hijau peneduh mata.

Sekarang saya jadi lebih sering nginap di posko. Juga gak cuma datang malamnya saja. Sering malah seharian, dua harian , atau tiga harian. Rasanya semakin betah di posko. Makan bareng dengan bungkus nasi yang dijejer-jejer dan tidur belasan orang seperti ikan pindang pastilah menjadi kenangan indah nantinya. Setelah tiba di tempat penempatan dan di manapun kaki saya berpijak, tentunya suasana seperti itu tidak akan terlupa.

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

