you're reading...
Forum Alumni

BADAN DIKLAT (BADIK) STAPALA

Setelah didahului dengan sebuah pertemuan pendahuluan pada beberapa bulan sebelumnya, beberapa anggota Stapala menyepakati berdirinya sebuah lembaga baru di Stapala.Namanya adalah Badan Diklat Stapala (BADIK). Kesepakatan berlangsung di Jalan Fatmawati Jakarta Selatan, kantor salah seorang orang yang paling peduli di Stapala, Heliantono-Assue (057/SPA/85). Malam itu, di tahun 2006, hadir sekitar belasan anggota, ada yang masih berstatus mahasiswa, dan banyak juga yang sudah bekerja. Pertemuan itu bukan pertemuan biasa, tetapi sebuah pertemuan yang lebih banyak menggunakan nurani, karena banyak menyangkut masalah manusia.Yaitu manusia Stapala. Terpilih sebagai Ketua BADIK pertama adalah Heliantono Assu (057/SPA/85).

Tujuan pendirian Badik adalah untuk mewujudkan manusia Stapala yang bermanfaat bagi sekelilingnya.Di mana pun dia berada, selalu bermanfaat, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat.

Kenapa Badik itu harus ada dan  sedemikian penting? Pada saat itu, pendidikan “manusia Stapala” dirasakan oleh beberapa anggota alumni sepertinya tidak konsisten. Hal ini terlihat pada penyelenggaraan Diklat Stapala, kadang lamanya Diklat itu hanya satu bulan, kadang tiga bulan, dan bahkan pernah juga Stapala mengadakan Diklat yang tujuannya untuk memperoleh nomor keanggotaaan itu diperlukan waktu selama sembilan bulan. Tergantung dari ketua Stapala dan panitianya periodenya masing-masing. Kenapa sampai sedemikian lamanya ? atau kenapa sampai sedemikian cepatnya.? Padahal Stapala pada periodenya selalu mempunyai tujuan yang sama, yaitu membentuk manusia Stapala sebaik-baiknya.

Terlepas dari lamanya Diklat Stapala itu, Diklat Stapala adalah hal yang sangat fundamental. Masa depan Stapala sangat ditentukan oleh tingkah laku anggotanya sendiri, yaitu manusia Stapala. Untuk itulah diperlukan satu wadah yang menkhususkan pada upaya untuk membentuk manusia Stapala yang bermanfaat bagi sekelilingnya.

Jenis pendidikan yang dirancang di Badik Stapala saat ini ada dua jenis, yaitu pendidikan dasar dan pendidikan lanjutan.  Pendidikan dasar Stapala (Diklat) bertujuan untuk merekrut anggota Stapala.  Diklat ini disusun dengan kurikulum tertentu selama tiga bulan.Sebuah periode yang secara psikologis cukup untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan kebiasaan baru dari Stapala. Dan selanjutnya kebiasaan ini menjadi nilai-nilai yang tertanam dalam benak sebagai bekal ketika lulus dari kuliah. Diklat lanjutan adalah diklat yang dirancang untuk semua anggota Stapala yang memiliki minat khusus. Seluruh diklat pada Diklat lanjutan ini konsepnya adalah sebuah “Diklat Kontribusi” dari Stapala yang alumni kepada Stapala yang mahasiswa. Sebuah wadah yang menjembatani kontribusi langsung antara Stapala alumni dan Stapala mahasiswa.

BADIK hanya membuat konsep atau design DIKLAT STAPALA. Pelaksanaan dan implementasinya diserahkan kepada BPH Stapala. Tentu saja penerapan dilapangannya disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada. Sedangkan Gladian Kepemimpinan (GK) Stapala adalah salah satu dari diklat lanjutan.  Seluruh instruktur, pendanaan, desain acara, dan lain-lain menyangkut pelaksanaan GK ini dilaksanakan oleh Stapala alumni. Konsep Gladian Kepemimpinan tidak lagi hanya memberikan hard skill tapi juga memperhatikan soft skill. Gladian Kepemimpinan diadakan pertama kali tahun 1992.

Oktober 2009 ketua BADIK beralih ke Buchori Nahar (237/SPA/90). BADIK terus belajar untuk membuat konsep yang terbaik bagi manusia Stapala.. Akhir Oktober lalu diadakan pertemuan di Ciapus-Bogor dalam rangka membuat Analisa Kebutuhan Training (Training Need Analys) STAPALA. Pertemuan tersebut merupakan langkah maju bagi BADIK dan STAPALA.   Untuk manusia Stapala yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Heliantono (assue)

057/SPA/85

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: BADAN DIKLAT (BADIK) STAPALA | STAPALA – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara - October 9, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: