you're reading...
Forum Alumni

STAPALA. ONLINE..ONLINE..ONLINE..

Handphone, internet, kamera digital adalah penemuan-penemuan fenomenal  diakhir abad 20. Banyak aktivitas dan budaya yang serta merta berubah karena kedatangan teknologi-teknologi mutakhir tersebut. Tidak terkecuali budaya pasukan biru merah, Stapala.

Anak-anak Stapala di era sekarang dengan mudahnya mengirim SMS untuk mengumpulkan anggota di posko, sesuatu yang tadinya harus dengan effort besar. Atau mengirimkan kabar dari puncak gunung atau tengah rimba belantara. Kisah perjalananan yang tadinya baru dapat di dengar setelah bertemu di posko sekarang langsung live dari puncak gunung. Photo di tebing bisa langsung dikirim dan dipublikasikan melalui facebook. Komunikasi antar anggota diseluruh Indonesia yang tadinya sulit, saat ini sangat terbantu dengan adanya internet. Keberadaan email, mailing list, dan terakhir face book, sangat membantu komunikasi antar anggota Stapala.

Saat ini setiap hari, bahkan setiap detik, berita tentang Stapala dapat di ketahui melalui mailing stapala atau melalui facebook. Foto-foto kegiatan Stapala dapat langsung diupload ke facebook untuk diketahui oleh seluruh anggota Stapala. Berikut beberapa catatan tentang kegiatan Stapala online :

Mailing List Stapala (stapala@yahoogroups.com)

Keberadaannya adalah hasil kreasi Dadang Sofyan (190/SPA/89), dan langsung diikuti beberapa anggota Stapala yang melek internet pada saat itu (1999). Selama 10 tahun milis menjadi alat komunikasi paling efektif antar anggota Stapala di seluruh dunia. Milis menjadi obat kangen bagi anak-anak Stapala yang bertempat tinggal di kota terpencil atau pelosok negeri. Sampai saat ini anggota milis stapala sudah lebih dari 350 orang. Berikut beberapa posting di milis

Posting-posting pertama milis Stapala

untuk memudahkan dalam komunikasi dan el el
tolong setiap anggota yang udah bisa connect
untuk mengisi STAPALA’S CONTACT LIST
especially buat aa dadang…
biasa…tolong dikasih info buat yang laen agar mo ngisi
(maksudnya tolong kasih instruksi buat yang laen..thanks)

10 Agustus 1999. Ferry Ranger 321/SPA/91

tetap asiik !
gimana nih yang pada di negeri sonoh….nggak pada muncul
yond……di jepang nggak ada wasantara ya ?
kalo vivi emang nggak niat buka imel atau juga enggak ada di Menchester…….
padahal gue mo pesen pin MU…..vi ?
Difai katanya udah nggak boleh megang internet, doi jadi sering ketawa sendiri…….
Dadang kebanyakan tidur, buka milis nggak pernah nongol….
Makhfal…..gimana kartu anggota ekslusif…..kabar dong ?
swarnadwipa yang laen gimana Fer ?
Iye, kabar lo gimana ?…..kuliah lanjut, maen ke rumah dong!

13 Agustus 1999. Indra jabrix 263/SPA/90

iya nich gimana kabar yang lain, fer elu di mana sekarang, terus step,inge, ogun, padel dll

pade kemana aja, yang tau bilangin dong ke yang
lain

stapala udah register nih di egroups

kan bagus, setiap informasi bisa langsung didapet….
biar rame nih milis kita
thanx

Andi Sadruddin “Iye” 264/SPA/90

Koneksi Internet pada tahun 1999 an belum semudah sekarang. Bahkan di kantor belum banyak yang menggunakan koneksi internet.Kebanyakan masih koneksi di warung internet atau koneksi di rumah menggunakan telkom.net.Apapun kesulitannya, internet membuat hubungan antar manusia Stapala menjadi lebih mudah, lebih sering, dan lebih murah. 

Tidak seperti milis-milis grup yang memeliki peraturan ketat dan kewajiban-kewajiban lainnya, Stapala punya peraturan milis yang sangat sederhana.Moderator Milis yaitu dandossi Matram (101/SPA/85), Indra Jabrix (262/SPA/90)dan Yond Rizal (266/SPA/90) menyepakati etika sebagai berikut :

Etika Ber'Milis" STAPALA 

1.   Setiap posting message,wajib menuliskan identitas Anda,Minimal  nama dan no anggota
2.   Tidak Mengutak-atik masalah SARA di milis ini
3.   Tidak mengirimkan 'Email Sampah' berupa iklan dengan segala rupa dan tampilan
4.   Tata krama, tata bicara, gaya bahasa, celaan, terserah Anda.......

Catatan di halaman muka Milis Stapala :

Milis STAPALA adalah wadah untuk ngobrol,diskusi,curhat,pengumuman, tukar informasi para anggota Kelompok Pencinta Alam STAPALA-STAN Jakarta. Baik yang masih ada di Kampus STAN Bintaro Jakarta, atau yang sudah tersebar di seluruh dunia. STAPALA berdiri pada 24 November 1979 dan pada saat ini anggota stapala telah mencapai lebih dari 800 orang. Keanggotaan STAPALA adalah seumur hidup.Semoga keberadaan milis ini bermanfaat bagi anggota dan organisasi. Website : www.stapala.com.

Website stapala  : stapala.com

Setelah beberapa kali berganti design dan content , sejak tahun 2006 yang lalu stapala.com mulai stabil dengan menu biodata anggota, artikel, gallery photo,artikel, dan lain-lain. Website ini menjadi jawaban atas kebutuhan akan adanya biodata anggota secara online.

Website www.stapala.com sudah mulai dibangun sejak awal tahun 2000-an. Perintisnya adalah Dadang Sofyan (190/SPA/90) dan Difai Sudah (184/SPA/89) kemudian dilanjutkan oleh Indra Jabrix (263/SPA/90). Mulanya Website dibangun dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas gratis di internet. Target pembuatan website adalah sebagai pusat informasi kegiatan Stapala. Apabila mailing list adalah alat komunikasi antar anggota (internal), Website adalah media publikasi Stapala ke kalangan eksternal. Pada tahun 2006 www.stapala.com akhirnya launching.

Sayangnya keberadaan media online ini kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh anggota Stapala. Setelah 3 tahun berdiri,  biodata anggota dan potret diri anggota tidak bertambah. Tidak ada pengurus yang fokus memelihara atau mengupdate data.

Keberadaan mailing list dan website, pada 2 tahun terakhir tersaingi oleh media komunitas online Facebook (FB). Stapala tidak ketinggalan untuk memanfaatkan media terkini itu. Pada saat ini media yang paling cepat menyebarkan berita dan informasi ke seluruh anggota Stapala selain milis adalah facebook. Terdaftar 337 anggota facebook group Stapala. Di Face Book seluruh event dapat diinformasikan secara otomatis ke seluruh anggota, dapat mengupload foto-foto kegiatan jauh lebih mudah dibanding website. Dapat chat antar anggota dengan leluasa, dan lain sebagainya…

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: