you're reading...
Posko

DIARY STAPALA – Barang Paling Favorit di Posko

Barang apa yang paling banyak dicari di Posko ? Diary Stapala jawabnya. Buku yang jadi tempat curahan hati anak-anak Stapala ini adalah diary atau catatan harian bersama anak Stapala.Nggak banyak organisasi punya buku ini. Atau nggak banyak organisasi bisa mempertahankan eksistensi buku harian begitu lama seperti Stapala. Diterbitkan pertama kali tahun 1989 atas usulan kreatif Heliantono “assu”, Diary Stapala telah bernomor seri lebih dari 100. Artinya setahun anak-anak Stapala menulis sebanyak 5 Buku. Diary Stapala yang waktu pertama kali terbit bernama Book of Stapala banyak mencatat peristiwa-peristiwa menarik di balik tembok Posko.

Menulis diary, membaca tulisan teman, mengomentari tulisan kawan, atau sekedar menyapa posko adalah kebahagian tersendiri bagi anak-anak Stapala. Setiap kepala anak stapala mempunyai keunikan-keunikan tersendiri waktu menulis diary. Bahkan tanpa terasa, nomor anggota atau nama panggilan kawan-kawan hapal dengan sendirinya karena Diary Stapala. Buku ini menjadi mantera alam yang begitu manjur mempererat persahabatan dan persaudaraan anak-anak Stapala. Nggak heran kalau banyak kejadian inses di Stapala. Menikah dengan sesama saudara Stapala.

salah satu kreatifitas di diary Stapala

Diary Stapala juga memperlihatkan trend atau budaya yang menarik antar generasi. Pada periode tertentu tercatat laporan-laporan perjalanan, di periode lain berisi ungkapan-ungkapan melankolis anak-anak Stapala. Isi diary Stapala memang apa saja, tidak ada aturan yang membatasinya. Ada puisi, lagu, opini, karikatur, gambar, ataupun tempelan-tempelan karcis bioskop. Respon dan celaan akan menjadi arti, apakah tulisan seseorang menarik dan enak dibaca atau omong kosong belaka. Diary juga menjadi tempat ungkapan bahagia, sedih, kecewa, maupun marah. Ungkapan halus maupun “kebon binatang” akan mudah ditemukan di diary ini. Catatan-catatan ekspedisi gunung es atau catatan itungan main kartu truf mempunya nilai yang sejajar di buku ini. Semua adalah catatan hati anak Stapala.

Saat ini ratusan buku Diary menumpuk di posko Stapala. Tidak ada yang tega untuk merusak atau membuang buku ini. Setiap diary adalah barang paling bernilai di jamannya. Ide untuk mendigitalkan isi buku masih menjadi wacana.

Diary oh diary…Book of Stapala !

Catatan di Book of STAPALA Lembar Pertama Edisi Pertama

Apa saja yang bisa di isi disini ?

Semua hal mengenai (yang bersangkutan dengan) STAPALA bisa ditulis di buku ini termasuk saran,kritik,lamunan,cita-cita,kesan,daftar hadir,puisi iseng,omelan,cacian,juga coretan-coretan lainnya

Asal memenuhi syarat ini, syarat tersebut adalah…Anda menulis itu bukan iseng negatif tapi iseng yang ada manfaat untuk KEMAJUAN STAPALA

 

Semoga Buku ini bermanfaat untuk STAPALA, Amiin !

25 Februari 1989  Assoe (057/SPA/85)

 

 

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

4 thoughts on “DIARY STAPALA – Barang Paling Favorit di Posko

  1. Dyariee adalah Salah satu tali pengikat batin yang derajatnya hampir sama dengan naik gunung… dari situ kita bisa tau siapa yg lagi sedih siapa yang lagi gembira, siapa yang lagi bete malah tau sipa yang lagi sebel sama siapa, keterbukaan seperti ini yg membuat STAPALA yang urakan dan masing masing ber ego tinggi jarang berkonflik internal… SALUUTEE atas ide briliant Mas Assoe ..

    Posted by Jamie 338/92 | June 11, 2010, 11:47 am
  2. duuhhh….. dari tahun jadul masih ada…. baru tahu aku…. wah bisa nangis or ngakak aku mbacanya… duh… mbaca cerpen pendakianku ke cartenz, jadi ingat catatan harian perjalananku, kayaknya masih ada deh, tapi buku laporannya nggak tahu masih ada aapa nggak di posko, aku cuma jengkel sama pakde yang cerita ngurus perijinannya cuman seadanya saja… dirumah ortuku masih ada tuh foto2 nya lengkap, ntar kapan2 scan ahh… STAPALA…. Salaaammmmmm…..

    Posted by cak_blonthang | August 19, 2010, 10:56 am
  3. Kawan, tahukah kalian. Yang punya ide Book of STAPALA itu Si ASSOE, yang punya buku I itu si Billy (DArussalam) dan yang nulis di cover itu tangan Si Gustav ? Buku legendaris itu kita ciptakan di Posko STAPALA di Kampus Purnawarman saat malam kita bertiga lagi ngobrol2 ttg masa depan STAPALA kita…. Benar di tanggal 25 Februari 1989. Sekarang udah buku ke berapa ya ?

    Posted by Agus Subagio | April 13, 2011, 3:51 pm
  4. Per 26 Mei 2011 sudah sampai buku ke-135 bang!!!

    Posted by luat-nainggolan-841 | May 26, 2011, 10:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: