you're reading...
Kegiatan

Bakti Sosial STAPALA Buka Puasa Bersama Anak Jalanan di Monas

STAPALA KORWIL JAKARTA dan YAYASAN SAHABAT ANAKmengundang Anda hadir dan berkontribusi pada acara

BAKTI SOSIAL RAMADHAN & BUKA PUASA BERSAMA ANAK JALANAN

 

Minggu, tanggal 11 Agustus, pukul 17.00 WIB s.d. 19.30 WIB, di Lapangan Monumen Nasional (Monas)

Acara : Bermain dan Berbuka bersama anak jalanan & Donasi bea siswa anak jalanan

Informasi : Irfan Rinaldi HP. 081314 787 262 Email : komengjgmanusia@gmail.com

Rekening : BCA no rek. 5150934283, Mandiri, no.rek.1580000101667, BRI,no.rek. 003701057691504, atas nama Irfan

 

PROPOSAL BUKA PUASA BERSAMA & BAKTI SOSIAL RAMADHAN“BEASISWA PENDIDIKAN TINGKAT LANJUT BAGI ANAK JALANAN”FOKSTA

 

Forum Komunikasi Stapala Alumni. Begitulah kepanjangannya. Sebuah yayasan nirlaba yang menjadi wadah untuk berkumpul, berkomunikasi, bahkan berkegiatan kembali bagi seluruh anggota Kelompok Pecinta Alam Stapala yang sudah menanggalkan status kemahasiswaannya di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

 

Awal terbentuk Foksta ini tidak dapat dipisahkan dari kegiatan Sarasehan Alumni. Sebuah kegiatan yang menjadi ajang rutin bagi para anggota untuk melepas rindu dan mengenang kembali indah dan pahitnya masa-masa mereka aktif dalam dunia ke-pecintaalam-an kampus dulu. Pun kegiatan yang melahirkan kegelisahan sebagian alumni yang tidak ingin potensi para anggota berserakan begitu saja selepas mereka wisuda. Akhirnya pada Sarasehan Alumni tahun 1994 di desa Kaliurang, Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, bermuaralah berbagai kegelisahan ini. Dibentuklah sebuah wadah untuk menampung semua yang terserak ini dengan nama Forum Komunikasi Stapala Alumni.

 

Hingga saat ini, Foksta turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan Stapala. Mulai dari ekspedisi pendakian Gunung Elbrus di Rusia yang bau adventure-nya lebih kentara maupun kegiatan seperti program Desa Binaan Bagi Masyarakat Desa Tangkil, Sukabumi, yang lebih menekankan unsur sosial lingkungan yang berguna bagi masyarakat sekitar. Tidak ketinggalan dalam berbagai kegiatan STAN seperti saat menjadi penggerak dalam beberapa kali pelaksanaan reuni akbar STAN.

 

Forum Komunikasi Stapala Alumni. Begitulah kepanjangannya. Sebuah yayasan nirlaba yang ingin berbuat sesuatu, apapun, demi negara kita tercinta. Indonesia.

 

YAYASAN SAHABAT ANAK

Sahabat Anak adalah yayasan nirlaba yang memberikan pendidikan serta memperjuangkan hal-hak anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta supaya mereka tidak terus hidup di jalan dan memiliki masa depan. Sahabat Anak terdiri dari para voluntir yang peduli terhadap kesejahteraan anak jalanan dan memberi perhatian melalui persahabatan.

 

Berawal dari Jambore Anak Jalanan (JAJ) pertama pada tahun 1997, sejumlah voluntir (mahasiswa, alumni, dan profesional) yang tergabung dalam kepanitiaan, melihat adanya satu kebutuhan esensial, yakni pendidikan, sebagai pendongkrak status, ekonomi, dan karakter menuju fase yang lebih baik pada generasi anak kaum urban, khususnya anak-anak jalanan di Jakarta. Bermodalkan komitmen purba (tanpa dukungan finansial, legalitas, dan fasilitas mapan lainnya; namun murni semangat idealisme semata) untuk memperjuangkan hal-hak anak-anak marjinal di Jakarta, akhirnya pada Tanggal 31 Januari 2008 Yayasan Komunitas Sahabat Anak resmi terdaftar di departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan akte notaris nomor 29 Tanggal 31 Januari 2008.

 

Hingga saat ini, Sahabat Anak (SA) membidani kegiatan rutin Bimbingan Belajar (Bimbel) bagi anak-anak jalanan di 7 area urban di Jakarta, yakni: Prumpung, Grogol, Cijantung, Gambir, Manggarai, Tanah Abang, dan Kota Tua. Khusus bagi remaja putus sekolah, di awal tahun 2005 didirikan sekolah nonformal di satu rumah sewaan di Jl. Tambak, yakni Pusat Kegiatan Anak (PKA) dengan jam belajar Senin-Jumat, pukul 09 – 15 WIB.  Selain itu, Sahabat Anak menggelar aneka kegiatan filantropi yang disesuaikan dengan kebutuhan area yang bersangkutan, seperti: pengobatan gratis, bazaar buku murah, buka puasa bersama, pembagian nutrisi, ultah massal, putar film pendidikan, karyawisata (pabrik, museum, dll), seminar edukasi (HIV/AIDS, seks bebas, profesi, life-skill), dan sebagainya.

 

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Menurut data World Health Organization (WHO), pada tahun 2011 ada sekitar 30.000 anak yang menguni setiap sudut Ibukota Jakarta.  Dengan kemampuan mereka, rata-rata setiap anak per harinya dapat menghasilkan lebih kurang Rp50.000,00 dengan meminta-minta. Bisa dibayangkan berapa jumlah rupiah yang kita sedekahkan untuk mereka? 1,5 milyar per hari. Sungguh sebuah lapangan pekerjaan yang sangat menggiurkan dengan penghasilan yang setara dengan mereka yang telah bergelar sarjana muda.

 

Inilah salah satu alasan terbesar mengapa ada begitu banyak anak jalanan di kota terbesar di Indonesia ini. Mereka lebih memilih untuk menghisap asap penuh CO2 yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor yang melintas daripada menghisap ilmu pengetahuan yang diberikan di sekolah. Sungguh ironis saat kita begitu sering mengkambinghitamkan pemerintah atas permasalahan ini. Padahal rupiah sebesar 1,5 milyar per hari adalah uang kita yang kita berikan dan itu secara tidak langsung memelihara masalah ini.

 

Sudah waktunya bagi kita untuk bersedekah dengan lebih bijak. Memberikan penghasilan lebih kita kepada mereka yang membutuhkan dengan cara yang lebih tepat guna sehingga apa yang kita berikan menjadi sebuah kemanfaatan jangka panjang bagi mereka yang menerima.

 

STOP MEMBERI UANG! Bersedekahlah dengan cara yang lebih bijak. Salurkan sedekah anda melalui organisasi yang mengelolanya dengan lebih baik.

 

TUJUAN KEGIATAN

Adalah beberapa hal berikut yang menjadi tujuan kami melaksanakan kegiatan ini.

1.      Melakukan dan menyebarkan kampanye “Stop Beri Uang”. Akan lebih baik apabila uang sedekah Anda disalurkan melalui organisasi yang memang concern dalam pengembangan kualitas kaum marjinal, terutama anak jalanan.

2.      Menghimpun uang sedekah Anda dan memberikannya kepada Yayasan Sahabat Anak yang kemudian akan menyalurkan uang tersebut dalam bentuk beasiswa pendidikan tingkat lanjut.

3.      Silaturahmi antara anggota Stapala, Voluntir Sahabat Anak, dan anak jalanan binaan SA Lokal Tanah Abang.

 

BENTUK KEGIATAN

Berikut bentuk kegiatan yang akan kami laksanakan.

1.      Bermain bersama anak jalanan binaan SA Lokal Tanah Abang melalui fun games.

2.      Buka puasa bersama Stapala, Yayasan SA, dan anak jalanan binaan SA Lokal Tanah Abang.

3.      Penyerahan donasi yang terkumpul kepada Yayasan Sahabat Anak yang nantinya akan dipergunakan sebagai beasiswa pendidikan tingkat lanjut.

 

WAKTU & TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 05 Agustus, pukul 17.00 WIB s.d. 19.30 WIB, di Lapangan Monumen Nasional (Monas)

 

ANGGARAN KEGIATAN

Anggaran kegiatan ini terbagi menjadi dua anggaran besar, yaitu anggaran untuk buka puasa bersama dan donasi untuk beasiswa pendidikan tingkat lanjut. Secara umum dana yang diperlukan untuk Buka Puasa Bersama 50 anak jalanan, voluntir Sahabat Anak, dan anggota STAPALA adalah sebesar Rp5.000.000,00. Sementara itu, total donasi yang dibutuhkan untuk dana beasiswa adalah sebesar Rp81.440.000,00. Rincian dana yang lebih lengkap bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Irfan “Komeng” Rinaldi di nomor 081314 787 262.

 

PARTISIPASI ANDA

Bagi Anda yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, Anda bisa memberikan donasi melalui transfer langsung ke rekening di bawah ini.

 

1.      BCA, nomor rekening 5150934283, atas nama Irfan Rinaldi

2.      Mandiri, nomor rekening 1580000101667, atas nama Irfan Rinaldi

3.      BRI,nomor rekening 003701057691504, atas nama Irfan Rinaldi

Kami akan memberikan laporan perkembangan adik yang dibina secara berkala sebagai bentuk pertanggungjawaban donasi yang telah Anda berikan, yakni :

1.      Laporan Penggunaan Dana Beasiswa setiap semester

2.      Kartu Hasil Studi / Rapor setiap semester

 

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Atas partisipasi yang Anda berikan, kami mengucapkan terima kasih. Salam lestari.

Ketua Pelaksana

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

One thought on “Bakti Sosial STAPALA Buka Puasa Bersama Anak Jalanan di Monas

  1. Acara ini tanggal 11 Agustus 2012 ya ?

    Posted by Gesper 922/SPA/2010 | August 6, 2012, 3:44 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: