you're reading...
Testimoni

Arti Stapala buat Mereka

Pelajaran memahami manusia dan lingkungan (Difai 184/SPA/89)

Jabrix, Difai, Iye di RInjani 1990

Lima tahun gua aktif di Stapala (1989-1994). Banyak hikmah dan pelajaran yang gua dapat. Terutama pelajaran memahami manusia dan lingkungan.  Kita pernah nyasar di gunung Rinjani sampe bermalam di tepian jurang. Lihat betapa lemahnya kita.   Kita pernah ngga jadi masuk goa di jawa tengah gara-gara ngga dapat ijin dari aparat setempat.

Lihat betapa bodohnya kita.  Kita pernah menyanyikan lagu indonesia  raya di puncak2 tertinggi. Lihat betapa patriotisnya kita.  Persahabatan,  persaudaraan, canda, tawa,  kesedihan, kegembiraan,  semua terekam jelas di dinding-dinding posko, semua tertulis jelas dalam buku diary, semua tertoreh indah di mading nuansa. Dan sekarang semua itu dirangkum dalam tehnologi internet. Semua menyatu memenuhi kerinduan akan masa-masa indah itu. Dari pojok meulaboh hingga tanah papua. Ah…. kenapa jadi puitis begini. Pokoknya selamat ultah deh Stapala.

Merangsek ke ranah2 kegiatan sosial (Wahyu Widodo “Galih”  171/SPA/88)

Lama sebelum gw masuk milis,gw sama sekali ga denger kiprah STAPALA. Tapi begitu gw masuk milis, baru terbuka mata gw bahwa kiprah STAPALA ruarrrr biasaaa… Ga cuma bisa naik gunung doang, tapi merangsek ke ranah2 kegiatan sosial. Yg sama sekali ga diduga adalah kecintaan STAPALA terhadap almamater, ini yg ga di miliki Lembaga Otonom Senat yg lain. Kadang sampai terharu menyaksikan adik2 berjibaku mendukung kegiatan2 kampus tanpa pamrih apapun kecuali untuk kejayaan almamater. Sekarang ini gw lihat STAPALA mulai menerapkan manajemen2 modern utk mengembangkan organisasinya. Gw yakin dg ksadaran ini, organisasi STAPALA akan menjadi besar & dewasa. Yg perlu diingat jangan menjadi angkuh & sombong, tetap merendah seperti saat ini. Jaya, jayalah selalu STAPALA….

Assue di Rinjani

Bagaimana mungkin guwe bisa melupakan jasa Stapala (Heliantono “Assue” 057/SPA/85)

Jasa Stapala. Tahun 1984, perkemahan di Sukamantri…..guwe lupa tanggalnya…tapi yang guwe inget adalah waktu itu guwe tingkat 2…waktu itu perkemahan adalah hal luar biasa…apalagi naik gunung…jangan lu samain dengan kemampuan lu saat ini yang bisa dengan mudahnya kemping ke Sukamantri atau tempat lain….kegiatan perkemahan ini buat orang lain adalah hal yang biasa saja…tapi buat guwe adalah luwar biasa…

Waktu itu ketuanya adalah  anak kelas 3…temennya Igor…guwe adalah wakilnya…seperti biasa…guwe sama Dia dan temen2nya kelas 3 cari perijinan…lalu survey tempat…dan urusin rencana acaranya…guwe juga sudah memberikan pengumuman kepada seluruh kelas…lewat mulut ke mulut… lewat ketua kelas masing2…dan juga lewat poster yang banyak… bikin sendiri…ngarang sendiri…tempel sendiri…

Mendekati hari H…ternyata para pendaftar tidak bisa mengkover biaya sewa truk…lalu rapat lah guwe sebagai wakil, ketuanya..Igor sebagai ketua bidang olahraga di Senat..sapa lagi ya… guwe masih inget wajahnya…tapi lupa namanya…akhirnya ketuanya ambil keputusan bahwa acara kemping dibatalkan karena nggak kuat ngangkat dananya… guwe bilang nggak bisa !!… guwe sudah mempertaruhkan segalanya buat acara ini… dia bilang…kalo kegiatan ini diterusin maka itu adalah kegiatan non senat…tapi itu adalah kegiatan dan tanggung jawab lu pribadi…guwe bilang Ya… guwe yang tanggung jawab…
Akhirnya…guwe kumpulin semua peserta dan guwe ceritain bahwa kegiatan ini adalah tanggung jawab guwe pribadi..bukan atas nama senat…guwe mohon semua orang yang punya mobil agar membawa mobilnya ke tempat kemping…Guwe inget banget mobil keluarga guwe Chevrolet Luv warna putih, lalu HardTop nya Egi (yang setir Danang Setyobroto, Alm), Daihatsu Taftnya Onot…apa lagi ya…o iya.. Coronanya Baja…semuanya berangkat ke Sukamantri…guwe juga lupa berapa orang yang jadi berangkat.. yang guwe inget adalah…bahwa pesertanya nggak ada yang mundur.. semuanya jadi berangkat semua..

Mulai sejak di perjalanan.. guwe nyetir sendiri.. sampe di lokasi..guwe yang nemuin dan urusin perijinannya lagi… begitu sampe…guwe ngediriin tenda… (waktu itu tendanya bukan doom..)…lalu acaranya pun nggak jelas… sorenya hujan…tapi air minumnya menipis…(waktu itu belum ada aqua botol…semuanya model air rebusan…) guwe panik…semuanya basah kena hujan…tapi kok air menipis pula….ini semua tanggung jawab guwe….guwe stress…

Besok paginya… beberapa orang turun …mungkin karena nggak kuat dingin ..atau alasan lain…(alasannya sih ada urusan di bandung)…guwe ikut anterin sampe di stasiun bis baranangsiang…buat memastikan semuanya selamat dan OK…hari itu guwe merasa jadi orang stress.. sama semua orang guwe minta maaf… guwe minta maaf sama semua orang yang guwe temui… setiap saat…maaf kalo ternyata hujan…maaf kalau ternyata airnya nggak bersih… maaf kalau acaranya kurang seru… maaf kalau cuacanya dingin…maaf kalo lu sengsara…maaf…maaaf… dan seterusnya…Anehnya setelah acara itu selesai …dan ternyata semuanya happy happy aja… pede guwe mulai naiktajam …. guwe  nggak takut lagi ambil resiko… guwe akan labrak siapa saja  dan apa saja yang menghalangi…apalagi ternyata kegiatan itu diakui oleh Senat…

Kejadian itu berulang ketika guwe jadi wakil Permata…ketuanya setuju bahwa Permata yang rencananya  3 hari dipotong jadi 1 hari karena alasan akan ada inaugurasi…(ketua Inaugurasinya bangSjafrie…)… belum lagi seksi acaranya “Ospek” yang mau mengubah acaraanya Permata…(ketua nya Ossi)….semuanya itu membuat guwe menjadi tertekan… bahkan waktu itu guwe menangis “nge gerung2″ di pelukan ” Z ” ( biarlah hanya guwe yang tahu siapa Z ini..)…dan memukul mukul dinding WC…rasanya waktu itu siapa pun akan guwe hadapi (Sjafrie atau Ossi atau dua duanya sekaligus pun)…apa pun taruhannya… rasanya De O pun bersedia demi terlaksananya acara itu…
Setelah belasan tahun berlalu… saat ini…guwe nulis pun sambil tersenyum…guwe baru sadar dan baru tahu… bahwa ternyata… semua hal itu lah yang membuat guwe menjadi seperti ini…menjadi  guwe saat ini… membentuk karakter guwe …attitude guwe…Stapala sudah mengajarkan guwe tentang arti totalitas…tentang tanggung jawab…tentang cinta …tentang memberi…bukan teori…tapi lewat proses….lewat kemarahan ..kesedihan.. senang.. keterbahakan… tangisan..air mata keharuan.. ketersenyuman… dan sebagainya….

Guwe berterima kasih kepada semua orang yang sudah memberikan tantangan kepada guwe…walopun pada saat itu guwe benci sama mereka…ternyata semua tantangan itu adalah tangga untuk menjadikan guwe naik lebih tinggi lagi…sehingga guwe bisa melihat lebih banyak pemandangan dari atas sini…

Bagaimana mungkin guwe bisa melupakan jasa Stapala.

Waktunya bagi Stapala untuk menunjukkan kontribusinya yg nyata (Dody “dodol-mugen” Wijaya 089/SPA/85)

Alhamdulillah, Stapala-ku, Stapala-mu, Stapala kita udah 30 tahun, semoga menjadi wadah yang bermanfaat bagi anggotanya dan membawa berkah bagi sekitarnya. Banyak kenangan dan prestasi yang terukir tak mungkin terlupa. Tempat dimana kita mendapatkan persahabatan yg hingga kini tetap terjaga, atau mungkin mendapatkan belahan jiwa yg hingga kini setia mendampingi kita. Juga melalui kegiatannya yg mendorong kita untuk memuji kebesaran-Nya dgn menjamah puncak, tebing, goa, hutan, pulau, dasar laut, pantai, jeram, lembah dan tempat lain ciptaan-Nya. Sebagian dari kita mungkin belajar mengaktualisasi diri dan melatih kerja-sama di dalamnya, sebagian lain ingin menikmati kebersamaan atau sekedar bersosialisasi bertukar canda, tawa, dan rasa. Namun semuanya berlomba untuk menjadikan Stapala berjaya dan berguna bagi sekitarnya.

Kini waktunya bagi Stapala untuk menunjukkan kontribusinya yg nyata bagi apa atau siapa saja. Apapun atau siapapun disekitarnya harusnya akan merasa aman, nyaman dan bahagia atas keberadaannya …
Selamat Ulang Tahun Stapala !!!. Teriring do’a, semoga Stapala bertambah jaya sesuai amanah para pendiri dan anggotanya, juga mampu menebar manfaat bagi makhluk dan alam disekitarnya… Amiin

STAPALA harus tetap dipertahankan (Moh. Hatta 005 /SPA/ 1979)

Selamat buat 30 Tahun STAPALA, tapi selama masa yang panjang itu, apa yang sudah kita dapatkan??? Mari kita perkuat jalinan kekeluargaan STAPALA, mulai dari bang Syafri sampai ke anggota termuda saat ini. Percantiklah posko, jangan sampai terkesan “amburadul,….”, pelihara aset yang ada, misalnya dinding panjat. Terkesan seperti tidak terawat. bantu direktur stan, pak Kusmanaji untuk menghijaukan dan merapikan lingkungan kampus. Bantu pula pelihara tanaman lingkungan kampus.
Dalam kegiatan alam, kita sudah terbiasa makan ala kadar, terbiasa bersusah – susah dan terbiasa pula saling tolong menolong.,… Jadi, jangan sampai ada anggota kita yang ikutan korupsi, dan bantulah anggota yang membutuhkan.Dan yang penting STAPALA harus tetap dipertahankan,… Sekali lagi, Selamat 30 Tahun STAPALA.

Stapala bagi gua selalu begitu (Stevanus Herdi 191/SPA/90)

Selamat Buat Stapala.. Keganjilan dalam hidup gua…Stapala, sudah hampir 20 tahun gua ninggalin kampus, sudah hampir 10 kantor gua jalani, sudah puluhan member macam2 gua ikuti, sudah banyak perubahan kehidupan gua alami, tapi satu tetap tidak berubah : sampai saat ini gua selalu memberi label diri gua “anggota stapala”. Tidak pernah berubah, perasaan yang sama, kenangan yang sama, sahabat2 yang sama, kisah2 gila yang sama, joke2 norak yang sama, tertawa ngakak yang sama. Setiap serpihan kisah dulu selalu ada bersama gua.. mengekor di perjalanan hidup gua.. menjadi oase ketika hidup melintas di padang gersang.. sahabat2 stapala gua menjadi tempat berpaling yang ampuh di kala dunia sedang membosankan untuk ditatap.. kenangan yang sebenarnya culun, bersahaja, menggelikan bahkan kadang tidak etis, ternyata kini teramat menghibur.. karena penuh kesederhanaan.. apa adanya.. bebas dari intrik… Stapala bagi gua selalu begitu..menjadi pelepas dahaga jiwa…..menjadi sungai bening di kaki gunung.. menjadi dermaga kecil di tengah samudera luas… menjadi ranting pinus tempat hinggap bagi camar yang lelah.. Stapala bagi gua selalu begitu… terus begitu.. sampai saat ini..

Bukan masalah menang atau kalah (Cahyana Tri “Yoyon Kadal” 591/SPA/99)

Gua cuma pengen, adek2 kita yang masih jadi mahasiswa,yang masih di D3 bisa punya karakter kuat.
Lewat STAPALA, mereka akan menjadi manuasia yang peling dewasa di angkatan akademisnya.
Lewat STAPALA, mereka akan menjadi manusia yang paling siap dengan segala amanah dan tanggungjawab di dunia kerja maupun di kehidupan nyata.
Lewat STAPALA, mereka akan menjadi manusia yang paling siap dengan segala perbedaan yang sudah menjadi sunatullah.

Lewat STAPALA, mereka akan menjadi orang yang siap untuk kondisi apapun.itu saja..
Kegiatan alam cuma sarana
Kegiatan yang ada cuma tempat latihan.
Mending berdarah waktu latihan daripada berdarah waktu bertempur.
Bukan masalah menang atau kalah dalam bertempur..
Mereka akan menjadi orang-orang yang akan bertempur sampai keringat terakhir
Mudah-mudahan

Masa-masa yang paling menyenangkan (Titi 681/SPA/2002)

STAPALA adalah sebuah keluarga. Demikian yang saya rasakan selama berada di STAPALA. Menjadi anggota aktif selama 3 tahun adalah masa-masa yang paling menyenangkan. Tak seharipun dilewatkan tanpa datang ke posko. Meskipun hanya sekadar rebutan diary, rebutan the only one sofa yang udah bobrok di depan tipi, rebutan kompie, nongkrong di depan posko sambil nemenin cowok-cowok nggodain cewek-cewek yang lewat (heran…padahal di deketnya juga ada cewek cakep…udah pada mati rasa kali yaw..), masak-masak bareng, jogging bareng, nemenin yang lagi latian manjat (karena ga bakat jadi ya nemenin aja). Hari-hari yang sederhana tapi cukup menyenangkan. Ada juga siy yang tidak menyenangkan .Tak terasa sudah 6 tahun lebih saya bergabung dengan STAPALA. Banyak yang telah saya dapatkan darinya. Kesempatan untuk datang ke tempat-tempat yang indah, kesempatan untuk mengenal pribadi-pribadi baru, pribadi yang menyenangkan, yang lucu, yang aneh maupun yang menyebalkan. Saudara yang menemani dalam suka dan duka. Hanya sedikit yang baru bisa saya berikan untuk STAPALA. Sepertinya belum apa-apa. Iuran pun kadang masih nunggak.Terima kasih saya ucapkan kepada saudara-saudara saya di STAPALA yang telah mewarnai bagian hidup saya. Baik dulu, sekarang maupun di masa yang akan datang. Terutama sekali untuk saudara seperjuangan STAPALA angkatan 2002, tanpa mengabaikan angkatan yang lain tentunya. Sungguh suatu hal yang menakjubkan bisa mengenal kalian. Untuk yang belum kenal saya, salam kenal.Di ulang tahunnya yang ke-30 ini, saya yakin STAPALA akan selalu menjadi keluarga dan pengikat batin bagi anggotanya walaupun kini banyak yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Sukses untuk STAPALA…..!!!!.

Made me a person I’ve wanted to be (Rosal”Dina” Aldi 464/SPA/95)

Salam Rimba..!!.  (udah lama banget ga neriakin ini..) Waaah.. Sudah 30 tahun Stapala.. Umur kita saling susul menyusul niy.. Kekekek.. I don’t know much about Stapala since year 1 to 30.. All I know that I’ve learned a lot from Stapala and it made me a person I’ve wanted to be.. Dan mungkin banyak yang ga nyadar betapa besar pengaruh Stapala pada kehidupan Stapala-ers, but I do.. Thanks a lot Stap, I mean it.. Happy birthday and may good things always be spread from you.. Peace..

Dulu…gue pikir gue sudah “ekstrim”….dan sampai sekarang gue selalu “Thanks to STAPALA”…cause “the palace (not place) where i learn and live with freedom, creativity, and responsibility”. Saat ini ternyata gue salah salah besar kalo gue berpikir sudah “ekstrim”. Faktanya, temen-temen saat ini lebih ekstrim dan bernyali, melakukan apa yang selalu gue berterimakasih ke STAPALA….

SALUT DAN APRESIASI BUAT TEMEN-TEMEN DENGAN SEGALA DEDIKASI DAN LOYALITASNYA. And…Thanks to you…..STAPALA…. “the palace (not place) where i learn and live with freedom, creativity, and responsibility….(Ferry Surfianto “Ranger” 321/SPA/91)

Stapala, kekumuhan posko yang menampung gue 3 tahun, dari gak ada AC sampek ada lagi…. dari gak ada rumah pohon sampek ada, sampek gak ada lage…..(Dwi Udiktya 788/SPA/2006)

Selamat Tanggap Warsa yang ke-30 Tahun buat STAPALA,  Semoga semakin dewasa,
Semakin berguna buat anggota maupun masyarakat. Selalu kompak buat anggota-anggotanya hingga jadi kakek2 dan nenek2. Dan…..tetap semangat…..!…Hidup STAPALA……
(Ni Made Ayu Puspitasari W. 290/SPA/90)

Nggak terasa sudah hampir Dua dekade jadi anggota Stapala.Thanks to milis Stapala, meski ‘jauh’ tapi tidak merasa terasing. (Nurwedi Hendriyanto 256/90)

Stapala, Ada pembuktian diri, perjuangan, pekerja keras, kekompakan, pertengkaran, cinta, pengkhianatan, maaf, persahabatan, persaudaraan. Kita semua saudara, dalam kata yang sama, nama yang sama, ludah yang sama, dalam tawa yg sama, dalam tangis yang sama.. STAPALA.(Fransisca Yeni 667/SPA/2001)

STAPALA….Happy Birthday … dah tua benerrrr, jangan2 dah maried and punya anak… hehehehe.
Sekali lagi met ultah; tambah dewasa; tambah jaya; tambah harum dan tambah kompak…T O B dah pokoknya.(Agung Siswandhi “azhenk” 416/SPA/93)

Stapala 30 tahun ?!  Bayangin coba!  Kalo diibaratin masa ikatan dinas mahasiswa STAN/Prodip (dengan rumus 3N + 1), STAPALA kita ini udah ngalamin 3x masa kebebasan, udah 3x overlaping! Bahkan umurnye udah lebih tua STAPALA dibanding adek2 stapalawan/ti yang sekarang lagi aktif.

(Dede Priatna “Simon” 390/SPA/93)

Congratulation buat Stapala yg umurnya udah sepertiga abad, tapi semangat tetep ABG…
Kenangan indah gue selama ikut Stapala selalu ada dihati gue…
(Nurul Safari “Arie” spa 267/SPA/90)

Selamat ulang taon stapala…. tambah sukses, makin kompak, ‘n makin banyak kiprah di dunia luar…. sori aku ga bisa datang ke acara ultah. (Wifra Indah”Pipit” 249/SPA/90)

Stapala 30 taun..wuih udah tua ya..tapi semangatnya harus tetapi muda ya’..anggota-anggotanya harus tetap kompak, Met ultah Stapala..maju terus..LUV U STAPALA.. (Vissi Susyani 337/SPA/92)

Tanggal 24 Nov aku pulang ke Bandung,  Rayain tiga ulang tahun sekaligus,Ultah aku, ultah stapala dan ultahnya nyokap. Aku tau kalo Grand Party selesai, lagian band of brothers angkatan aku lagi pada kerja,
jadi untuk ke sekian kali aku nggak pede pergi ke posko…
Tapi yang paling aku banggain dari BPH Stapala kemaren adalah saat aku mau pulang ke negeri orang tiba tiba nyokap teringat sesuatu,
” Jamz kemaren lebaran ada kartu ucapan dari jakarta..”
” Dari siapa ma ? ”
” Dari Stapala … ”
Whii, bergetar sanubari aku, Ternyata aku masih jadi serpihan tua yang masih diingat oleh Stapala,
dan Stapala ternyata tetap jadi serpihan besar di perjalanan hidup aku…
Selamat ulang tahun stapala, rasanya kata itu tak cukup…
Untuk “sesuatu” yang bisa menguraikan airmata seorang lelaki..
Seorang lelaki edan seperti aku…
(Zamzam 338/SPA/92)

Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. (jadi anggota Stapala di usia 28 tahun)
Proficiat buwat 30 tahun Stapala, Jaya selalu.. (Tepi 829/SPA/2008)

Kalao dah inget STAPALA, pinginnya balik ke kampus aja, pengen ke posko lagi, pengen manjat lagi, pengen nongkrong-nongkrong lagi, pengen kumpul-kumpul lagi, banyak banget deh.

(Bustanul ”Butho” 757/SPA/2004)

Selamat ulang tahun yang ke-30 untuk STAPALA ku tercinta. Semoga makin kreatif dan inovatif dalam menghijaukan bumi kita ini. Semoga makin kompak kekeluargaannya. semoga tetap jaya. Salam Lestari…!!!  (Irwansyah “Gatot” Setia Negara 797/SPA/2006)

Walaupun cuma pernah jadi bendahara 2 kemping ke Ujung Kulon, kalau ada acara naek gunung milih di bawah jadi konsumsi ‘n enggak pernah naek gunung kecuali naek puncak Sumbul (jangan tanya dimana ya) tapi … I love STAPALA……

(Diah Suherman 055/SPA/85)
Tempat dimana saya belajar banyak hal, tempat dimana saya mendapatkan ilmu yang tak mungkin dapat saya peroleh dibangku pendidikan formal.. tempat dimana saya menemukan keluarga baru, keluarga lintas generasi,.. semua batasan itu lebur ketika kita satu keluarga STAPALA, Jayalah Selalu STAPALA..
(Tamsil 712/SPA/2002)

Selamat ulang tahun STAPALA yang ke-30. Semoga tetap jaya selalu.Wah ternyata umur STAPALA seumuran ma aku. berarti at least dah punya anak satu donk, berarti, semakin dewasa,semakin bijak, mampu sebagai payung tuk semua “anak-anaknya”. Rapatkan barisan. Bravo STAPALAku….
We Love U ! (Fahrudin Latief  540/SPA/97)

Met ultah ke 30 tahun buat stapala. Tetaplah berkarya…ide dan kreativitasmu selalu menghiasi dunia dan membelah angkasa.Jangan pernah kau tidur, waloupun tiap orang memandangmu sebelah mata.Manarilah diatas tebing-tebing yang menjulang,rasakan dekapannya..gapai erat harapanmu seakan kau khan tiba di puncak.,kayuh terus lewati jeram. Seakan kau bisa menghalau segala rintangan…
Stapala…akankah kau sebesar itu ??? Jawabnya…hanya kau yang mengetahuinya….
Viva stapala, terima kasih kau telah memberiku sesuatu yang paling berarti….
(Aris Handaru “Arz”  392/SPA/93)

Ada orang bilang masa yang paling indah adalah masa-masa SMA.
Menurut saya, masa yang paling indah adalah masa-masa di STAPALA.
Masa di mana tidak mandi berminggu-minggu tidak ada yang melarang.
Masa di mana sebelum kuliah mandi dulu adalah tabu.
Masa di mana bakat menggodai mahasiswsi-mahasiswi yang lewat berkembang pesat.
Masa di mana bakat terpendam orang-orang handal semakin tergali. (Contoh: saya…😀 )
Satu yang membuat saya salut, visi besar STAPALA untuk menjadi lebih bermanfaat bagi Indonesia.
Selamat ulang tahun STAPALA. Viva STAPALA!
(Jatmiko ‘jaed’ 780/SPA/2004)

Memang kalau lagi susah, sifat kita menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya..
Intinya,semua ingin bertahan hidup,walau dengan caranya sendiri
Ada yang bijak,dia tetap diam, yang serakah jelas-jelas kelihatan
Lamunan adalah putaran, putaran kembali kisah-kisah yang terekam oleh pandangan mata dan untaian kalimat
Dia akan berputar tiba-tiba, bila kita menggigil karena hujan, ataupun saat kita menghadapi masalah, masalah yang kira-kira sama
Dan kutebak, perasaan kalian seakan turun naik, ekspresi tubuh kalian akan tersenyum lepas
Aku disini masih merasakan canda cela’an kalian, tak sabar kutunggu kita bertemu nanti
tak sabar juga ingin kulihat juga bagaimana nanti kita, semoga tidak ada yang berubah. Dan semoga kita makin hebat kawan.
(Hendra Putra “Dompu” 792/SPA/2006)

Stapala..gak terasa loe udah 30 tahun..gue aja belum nyampe umur segitu..tapi seiring umur loe..dah banyak kesuksesan yang udah loe lakuin…banyak anggota loe yang tak pernah putus silaturahminya…satu yang pasti loe ngasih gue saudara..bukan satu atau dua ..seabreg..yang tetep erat meski jauh…MET ULTAH STAPALAKU TERCINTA, SUKSES SELALU. (Nanang Arifin 658/SPA/2001)
Menjadi tua adalah suatu keniscayaan…untuk menjadi dewasa adalah suatu pilihan, usia 30 tahun adalah umur yang matang untuk memaksimalkan potensi diri menjadi ikon yang menorehkan warna pada kampus tercinta, tetaplah istiqomah pada jalur perjuangan mengemban misi membentuk ksatria alam yang rahmatan lil’alamin. Suatu kebanggaan telah menjadi bagiannya….Hidup Stapala…Hasta La Victoria Siempre.. (Agus Margono 192/SPA/89)

TIGAPULUH TAHUN  bukan lagi usia muda, bahkan untuk usia manusia adalah usia emas dalam produktivitas…so 30 tahun STAPALA merupakan titik awal ledakan produktivitas dlm karya dan prestasi….ayooo…kamu bisa STAPALA-ku…aku siap mendukungmu dlm berkarya dan berprestasi, dan dalam memberikan manfaat bagi semua manusia. Bravo STAPALA!

(Nugroho Wahyu “Nugnug” 151/SPA/88)

Mungkin gw bukan anggota yang aktif di stapala .Ya di tengah sepinya kampus STAN  Jurangmangu dengan sejuta keterbatasannya, Stapala memberikan sedikit pencerahan bagi gue, betapa tidak..paling nggak pergaulan gunung ala Stapala paling bisa diterima publik (dunia luar STAN) daripada pergaulan lain yang ada di kampus Jurang mangu…heuheuheu…ya silakan aja dikhayati oleh semuanya…emang kampus Jurang mangu mengkhawatirkan kan…? but not STAPALA…. So dengan gabung STAPALA, gue nggak ngerasa terbelakang hidup di Jurangmangu…bahkan sampe sekarang keanggotaan gue, selalu gue banggain, padahal peran serta gue tuh hampir nihil heuheu….STAPALA layak disejajarkan, dan bahkan emang sejajar dengan organisasi pecinta alam di kampus kampus lainnya…begitupun dengan kwalitas anak2nya yang ararokeh….minimal kaya gue lah…huahahaha…Gudluck ma STAPALA….

(Dede Supriadi 569/SPA/98)

S.T.A.P.A.L.A. Pokoknya oke banget dech, salut sama kekompakan anak-2 Stapala, walau dulu banyak anak kampus ngremehin, bahkan dengan ejekan ngapain ikut Stapala, buang-2 energi dan waktu ntar ujung-2nya D.O, bahkan ada ejekan STAPALA berarti STAN paling lama alias kaga lulus-2..
Nyatanya saat ini, banyak teman-2 eks STAPALA yg berkiprah setelah lepas dari Jurangmangu dengan prestasi kerja maupun pendidikan yg bagus baik di DN atau LN. Jadi buat junior, jangan ragu-segan-takut bergabung dengan STAPALA, pokoknya asyik dech.Bravo STAPALA, jaga kekompakan dan tetap maju… (Muh Gunawan Sani 292/SPA/91)

Oh my god, udah 30 tahun ya? Semoga ditahun mendatang menjadi lebih baik lagi, lebih kompak lagi, poskonya kalo bisa lebih tertata rapi gitu loh. Terus kalo kenangan, waduh banyak banget kenangan indah selagi gue masih aktif di sana, bisa dapet temen2 yang gokil, melakukan hal2 yg gokil juga, tapi yang paling berkesan adalah…..gue ketemu jodoh di posko bo. Ok deh buat STAPALA makin ok,makin kompak dan makin jaya. (Dian Musiakbari 284/SPA/90)

STAPALA Djaya!! Happy 30th Anniversary.. Semoga smakin erat smangat kekeluargaanny,makin mencintai dan dicintai alam, dan slalu menjadi the best di segala bidang. Sekali lg STAPALA Djaya!!
(Bagas “Gambreng” 857/SPA/2009)

Stapala.. Persaudaraan.. Suatu kebanggaan dan kehormatan bisa punya nomer SPA, sangat beruntung 720 bisa ikutan jadi penghuni database satu-satunya dari AKP yang ada (STAN swasta, red). Dari STAPALA 720 bisa nemuin orang-orang unik, aneh, dan gila, dari STAPALA 720 bisa nemuin arti dari persaudaraan, nggak melihat embel-embel, gelar, jabatan, atau umur, semua sama gantengnya, sama juga jeleknya, karena STAPALA SATU.  “STAPALA DJAIA” dan DJAIALAH SELALU!!!. (Didit Mahatir 720/SPA/2003)

Orang bilang, home is where your heart is.. For me, you are my home , Dear stapala, happy anniversary

(Rika Sjafri 257/SPA/90)

Stapala, Gua Suka !!!  (Maulid Purnama “Ulied” 106/SPA/85)

STAPALA where you can learn about life and brotherhood and how to conquer the world by your own hand… Jayalah STAPALA  (Mora Gandi 637/SPA/2001)

Congrats to all STAPALA members! STAPALA, tempat blajar yang gak ada habis-habisnya. STAPALA, candradimuka kehidupan. Salam kompak! (Ahmad Sadiq Urwah 485/SPA/95)

Wah…STAPALA udah mau ultah ke-30 ya…beti dong…sama gue… ngucapin apa ya… ntar ya…gue pikir2 dulu (Inge Diana 216/SPA/90)

STAPALA yang buat kampus rame….gak ada STAPALA gak rame gan…

(Adi Galih “Tegil” 809/SPA/2006)

Selamat Ulang Tahun yang ke 30, terus berkarya demi Nusantara jaya, Hidup Stapala !
(Mufriyandi 370/SPA/92)

Ah, tak mampu berkata-kata saya !
(Anggi  “Gobog” 787/SPA/2006)

Ada gunung ada kali, Banyak gunung didaki, Dijurang pula kali
Ada tebing ada gua, Banyak tebing dipanjat, Dijelajah pula gua
Stapala li..li..li, Stapala rung…rung…rung, Stapala jat…jat…jat, Stapala jah…jah…jah
Paling tinggi, paling deras, Paling curam, paling dalam,
Hanya ada cuma stapala
(Ilham Wardhana 053/SPA/85)

Makan buah pala, sambil cerita.. STAPALA tetap ku cintttaaaaaaaaa…

(Sussi Meyliana 499/SPA/96)

Selamat Ulang Tahun ke 30 untuk STAPALA. gue sayang elu…

(Amirullah “Ebol” 790/SPA/2006)

Stapala??? Jadi sedikit menyontek jingle sebuah iklan… Dari sabang sampai merauke… anak stapala ada dimana-mana… stapala tetap sehati….30 tahun bukan waktu yang pendek…dibandingkan keberadaanku yang teramat singkat di posko G102. Cuma 3 tahun… tapi kenangan yang tercipta terasa hingga sekarang tak lekang oleh waktu… dan kenangan yang paling membekas adalah…bangun pagi belum mandi kopi…dengan gelas yang kemaren…tapi tetap masih ‘hidup’ alhamdulillah.. he..he.

(Erwin Cahyono 466/SPA/95)

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

12 thoughts on “Arti Stapala buat Mereka

  1. luar biasa…!!!

    Posted by asig828 | May 31, 2010, 4:27 am
  2. Hmmm, mungkin biasa saja STAPALA melihat saya..tapi yang pasti saya merasa sangat luar biasa melihat dan tergabung di dalamnya..klo Asig828 bilang “luar biasa!!!”, saya bilang, “luar biasa dalam!!”
    Djaia Stapala dan tetap Djaia!

    Posted by chekong830spa2008 | May 31, 2010, 7:09 am
  3. STAPALA buatku,
    tempat mengadu, walaupun ga tw mesti ngadu sama siapa.
    jadi aku diam aja merasa semua masalahku beres dengan sendirinya, lalu semua akan baik2 saja

    Posted by cobenk863/spa/2009 | May 31, 2010, 10:00 am
  4. Nangis baca testimoni ini..

    Posted by Jo 509/spa/96 | June 11, 2010, 7:23 am
  5. mungkin saya memang terlahir untuk menjadi STAPALA..
    karena satu hal yg paling menarik buat saya ketika ingin masuk STAN adalah STAPALA,
    dan iya.. saya bangga ketika banyak teman bilang…
    ooo Jarot Stapala ya..!!!

    HIDUP STAPALA..!!!!!!!!

    jarot
    377/spa/93

    Posted by Jarot | June 11, 2010, 9:28 am
  6. kok testimoniku ngga ada ya…?
    soalnya bingung mau nulis kata2 apa buat stapala…
    itu semua karena km ga bisa diungkapkan dengan kata2 stap…
    mungkin kata2 ini mangungkapkan semuanya…”i luv u, stap…”

    Posted by devy491/spa/95 | June 11, 2010, 9:35 am
  7. stapala membuat saya berani.. gagal, lalu berani mencoba lagi
    berani jatuh, dan masih bangkit lagi
    berani ditolak, dan masih berterima kasih
    berani mendengar apa yang tidak ingin saya dengar
    berani melihat apa yang saya tidak ingin lihat
    berani merasa apa yang semula saya takut merasakannya: pahit, getir, sesal, sedih, kecewa, berbeda, aneh, percaya, dan cinta..

    nesting 817/SPA/2007

    Posted by nestina | July 3, 2010, 2:18 pm
  8. Stapala… Rumah saya di Pulau Jawa.

    m.n. juna “jackpot” putra
    810/SPA/2007

    Posted by shavaat | July 12, 2010, 5:30 am
  9. saya masih di posko..

    Posted by mozet-841 | July 21, 2010, 12:08 pm
  10. STAPALA…
    Apa yang saya cari…
    Apa yang saya butuhkan…
    Ada di sana.
    Waktu itu, saat ini dan nanti.

    Posted by romez-804 | August 9, 2010, 8:14 pm
  11. kenapa gak bikin acara pendakian sporadis seluruh(hampir) puncak gunung di Indonesia kaya’ dulu ya… trus tiap gunung buat laporannya n lampirin gambarnya
    kalo gak dokumentasikan foto-foto puncak or djalan ke puncak dari tahun lama sampai sekarang, biar kita tau perkembangan gunung itu, kondisi sampah yang menimbun dll

    jadi sebagai anggota, apa yang bisa kita sumbangkan ke para pengurus STAPALA?

    Dirgahayu STAPALA….

    Posted by bken 164/SPA/88 | January 25, 2011, 5:32 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: