you're reading...
Organisasi

Selamat Datang Angkatan 2014

Angkatan 2014 di Kampus STAN

Angkatan 2014 di Kampus STAN

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan sejuta terima kasih kepada para panitia yang sangat berdedikasi, akhirnya rangkaian Diklat STAPALA 2014 ditutup pada hari Minggu, 9 Februari 2014 dengan dilantiknya 38 orang anggota baru untuk semakin meramaikan keluarga besar kita ini.

Prosesi pelantikannya sendiri dilaksanakan di Telaga Warna, Puncak Bogor. Hujan yang tak kunjung reda sejak malam sebelumnya pun tak menurunkan semangat panitia untuk mempersiapkan upacara pelantikan bagi calon saudara-saudaranya. Dengan berbekal jas hujan dan payung, mereka melaksanakan gladi bersih upacara dengan serius. Usai gladi, loh, hujannya malah tambah deras! Panitia dan anggota lain yang hadir hari itu pun makin gelisah. Sementara itu panitia lain mulai mengarahkan siswa ke lokasi upacara.
Dengan mata ditutup slayer hijau, para siswa saling bergandengan tangan mengikuti petunjuk dari panitia yang menempatkan mereka dan membentuk barisan di lokasi upacara. Syukurlah, setelah siswa selesai membentuk barisan – masih dengan mata tertutup – hujan mulai reda, menyisakan gerimis rintik-rintik. Panitia dan anggota STAPALA lainnya pun segera menempatkan diri di posisi masing-masing, kali ini tanpa jas hujan ataupun payung.
Berdasarkan instruksi dari panitia, para siswa membuka slayer yang menutupi matanya, disambut teriakan lantang Gyuton yang mengumumkan dimulainya upacara pelantikan anggota STAPALA 2014.  Terlihat ekspresi terkejut dari para siswa ketika melihat barisan rapi dalam formasi upacara, lengkap dengan bendera STAPALA dan bendera merah putih. Beberapa di antaranya pun bahkan terkesiap tertahan. Maklum saja, mereka tidak diberitahu sebelumnya bahwa mereka akan dilantik minggu ini. hahaha..
Diiringi mars dan lagu-lagu STAPALA gubahan bang Gustav, satu per satu para siswa dipanggil, menanggalkan slayer hijau, dipakaikan seragam biru oleh Mas Idris sebagai perwakilan dari Badan Alumni dan tentunya Slayer Merah oleh Ketua Umum STAPALA. Mereka yang telah resmi menjadi anggota ini memancarkan kebanggaan dan haru saat kemudian mencium Sang Saka Merah Putih dan Bendera STAPALA. Begitu pula saat mendengarkan sambutan dan pesan dari Mas Jauhari sebagai wakil dari senior, sekaligus Majelis Pertimbangan. Rintik hujan yang menolak untuk berhenti pun membuat beberapa peserta upacara (termasuk yours truly) mulai menggigil, tapi hal tersebut tak mengurangi kekhidmatan upacara yang berlangsung. Sebaliknya, para anggota baru kita justru tampak baik-baik saja. Entah karena rasa bahagianya mengalahkan dingin yang menyerang atau karena sudah terbiasa, karena memang dari sejak semalam sebelumnya sudah diguyur hujan terus menerus.
Malam harinya, dilaksanakan upacara penyematan slayer merah bagi empat orang yang tidak bisa mengikuti prosesi pelantikan di telaga warna – baik sebagian maupun seutuhnya – karena sakit dan kuliah (betul! Kuliah di hari minggu!). kali ini petugas upacara bukan lagi dari panitia, tapi dari para anggota yang baru dilantik. Walau gerimis sempat kembali menyerang, dengan diwarnai oleh pembacaan puisi dari keempat orang tersebut dengan tema “Saudaraku” (i don’t know, ini kerjaan si Kadal Jr.), sekali lagi upacara berjalan khidmat. Bahkan, dari sekian banyak upacara STAPALA yang saya ikuti sejak tahun 2007 hingga hari ini, kedua upacara di hari Minggu kemarin adalah yang paling khidmat dan paling tertib. Barisan pun tetap teratur bahkan ketika prosesi pelantikan dilakukan dan satu per satu anggota baru bergabung dengan barisan berseragam biru dan berslayer merah; minim canda dan tidak berisik.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada abang, mas dan saudara-saudara sekalian untuk dukungannya selama pelaksanaan diklat dari awal hingga akhir, terutama bagi yang kemarin berkenan menyempatkan diri untuk turut hadir dalam prosesi pelantikan. Terima kasih juga kepada para panitia diklat yang tetap berkomitmen dan bekerja keras dalam menyelenggarakan diklat sampai pelantikan walau sudah berstatus alumni dan sambil kerja/magang.
Sungguh adalah kehormatan  bagi saya untuk berkesempatan mengalungkan slayer merah bagi ke-38 orang saudara baru kita di tahun 2014 ini. Melihat wajah-wajah mereka dengan seragam dan slayer barunya pun membuat saya sempat kehilangan kata-kata. Semoga dengan bergabungnya ke-38 saudara baru kita ini, STAPALA akan semakin besar, semakin erat, semakin berwarna, semakin JAYA.
Akhir kata…
SELAMAT BERGABUNG DENGAN KELUARGA BESAR STAPALA, 1029/SPA/2014-1066/SPA/2014..!
Regards,
Ketua STAPALA
Puspita Hapsari “Ronron”
846/SPA/2008

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

2 thoughts on “Selamat Datang Angkatan 2014

  1. Selamat ya … selamat datang di keluarga besar Stapala. Mulai sekarang dan sampai keanggotaan berakhir nanti, jangan segan dan jangan pernah bosan memberi warna di Stapala. Karena hanya itu yang bisa membuat Stapala tetap berdiri.
    Salam sayang
    425/SPA/93

    Posted by kharinadhewayani | February 14, 2014, 7:11 am
  2. Tolong dipertimbangkan diklat untuk mahasiswa yg berada di rawamangun

    Posted by anon | January 8, 2015, 8:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: